Lakukan hal ini Jika Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 Terus Menyala

Lakukan hal ini Jika Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 Terus Menyala

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan akan barang elektronik yang satu ini pun juga meningkat. Barang elektronik berupa printer merupakan alat yang sangat efektif untuk mencetak berbagai hal, dimulai dari makalah pelajaran hingga foto-foto. Salah satu printer yang diminati oleh banyak orang adalah printer Epson L110. Printer dari produk Epson ini memang terkenal akan kualitas cetaknya yang sangat mumpuni dan juga baik. Akan tetapi, kualitas cetak yang baik juga harus didukung dengan kualitas tinta printer yang dipakai. Semakin hari, kebutuhan orang-orang akan hal ini terus bertambah, terutama bagi para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Dokumen berbentuk cetak masih memiliki peminat yang tinggi, sehingga adanya fasilitas printer pun harus bisa mengimbanginya. Namun, apa jadinya jika printer yang Anda gunakan mengalami masalah pada lampu indikator tintanya yang terus-terusan menyala? Hal ini akan dibahas dibawah ini secara lengkap dan informatif.

Inilah Cara Termudah Mengatasi Masalah pada Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110

Epson L110 adalah printer keluaran produk Epson yang memiliki kualitas cetak dan kejernihan warna yang baik. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika indikator lampu printer terus menyala sedangkan printer berada dalam kondisi yang baik-baik saja? Lakukanlah beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya:
  1. Langkah pertama adalah melakukan charging tinta secara manual. Caranya yaitu dengan menekan tombol indikator tinta yang lampunya menyala dan tahan selama 5 detik. Kemudian lepas dengan perlahan.
  2. Langkah kedua, ulangi langkah diatas yaitu dengan menekan dan menahan tombol yang bermasalah. Akan tetapi, waktunya dikurangi menjadi 3 detik saja. Kemudian, lepas lagi tombol printer Epson L110 secara perlahan.
  3. Langkah ketiga yaitu tekan dan tahan lagi tombol tinta tetapi hanya 1 detik saja. Lakukan secara cepat namun tidak tergesa-gesa
  4. Lepaskan kembali tombol tersebut dan masalah tombol printer pun telah diatasi dengan baik.
Langkah-langkah mengatasi tombol lampu tinta printer Epson L110 diatas sangat mudah, bukan? Lakukan dengan baik agar tidak merusak komponen printer yang lainnya. Banyak orang yang tidak mengetahui cara ini dan memilih untuk menekan tombol secara asal-asalan yang kemudian berujung rusaknya printer. Lampu indikator tinta yang menyala terus-terusan adalah pertanda bahwa tinta dalam printer Anda akan segera habis atau bahkan sudah habis dan perlu diisi kembali. Sebenarnya, pada layar komputer pun akan muncul kotak peringatan yang memberitahukan bahwa tinta printer telah habis dan tidak dapat digunakan. Jadi, ketika ingin mem-print sebuah dokumen tetapi tintanya tidak mencukupi, maka Anda akan mendapatkan peringatan di 2 tempat sekaligus, yaitu layar komputer dan printer.

Jika tinta printer Epson L110 telah diisi dengan baik dan benar, maka lampu indikator tinta akan berhenti menyala dan printer pun dapat berfungsi seperti semula. Namun, bagaimana jika setelah tinta diisi, lampu indikator tinta terus menyala? Maka, Anda harus melakukan langkah-langkah diatas yang biasa disebut dengan charging tinta manual. Jangan takut printer Anda akan rusak atau tidak berfungsi dengan baik ketika melakukan langkah tersebut, karena langkah-langkah ini dijamin aman dan memang bekerja untuk mengatasi masalah lampu tinta yang menyala. Langkah-langkah ini juga dapat bekerja untuk seluruh printer produk Epson berseries L lainnya.

Lalu, apa penyebab lampu indikator tinta yang menyala terus padahal sudah diisi tinta dengan benar? Ternyata, masalahnya adalah pada sensornya. Jadi, ada sebuah software tertentu yang tidak bekerja dengan baik dan tidak mengetahui bahwa tinta printer Epson L110 sudah diisi. Hal ini kemungkinan besar karena tidak adanya sensor yang memberi sinyal ke software tersebut bahwa tinta telah diisi, sehingga lampu indikator tinta terus menyala. Atau kemungkinan lainnya adalah memang ada gangguan atau kesalahan teknis dari printer yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Printer memang adalah salah satu barang elektronik yang cukup sensitif dan mudah rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Maka, tak jarang banyak orang yang berpikiran bahwa ada masalah pada cartridge atau kotak tinta printer yang menimbulkan lampu indikator terus menyala tanpa henti. Bahkan, ada pula yang berpikiran bahwa printer milik mereka telah rusak karena tidak dapat berfungsi dengan baik. Padahal, masalahnya hanya terletak pada sensornya yang tidak memberi sinyal dengan tepat ke software pengisian tinta printer.

Usahakanlah untuk menjaga dan merawat printer Anda dengan baik dan rajin untuk membersihkannya dari berbagai debu yang dapat merusak komponen didalamnya. Namun, apabila hal diatas terlanjur terjadi kepada printer milik Anda, maka sesegera mungkin lakukan charging tinta manual sesuai dengan prosedur yang telah diuraikan diatas. Diharapkan cara-cara charging tinta manual untuk printer Epson L110 diatas dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda, sehingga Anda bisa mengatasinya sesegera mungkin agar printer dapat berfungsi dengan normal kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan hal ini Jika Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 Terus Menyala"

Post a Comment