Info Guru Terkait Data GTK dan Tunjangannya

Info Guru Terkait Data GTK dan Tunjangannya

Setiap saat, ada banyak informasi terbaru yang harus selalu diupdate dan diketahui oleh para guru. Salah satunya adalah mengenai GTK serta aneka tunjangan yang diperuntukkan kepadanya. Apa itu GTK? GTK merupakan singkatan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Info guru yang satu ini dianggap penting karena menyangkut kesejahteraan para guru serta tenaga profesional yang bertugas di bidang kependidikan.

Info Guru Terbaru Seputar GTK dan Tunjangannya

Ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui ketika mencari informasi seputar GTK dan tunjangannya. Apa sajakah itu?

1. Seputar GTK dan pengecekannya
Info guru menyangkut GTK yang penting untuk diketahui adalah pengecekannya. Berdasarkan sumber resminya, ada data tersendiri yang berisi informasi guru dan tenaga kependidikan alias GTK. Selain itu, pada data tersebut juga tercantum bahwa para para GTK akan menjadi calon penerima tunjangan atau yang panjangnya disebut dengan aneka tunjangan guru. Pada tahun pelajaran 2016/2017 kemarin, berdasarkan data yang ada, tunjangan untuk semester 2 saat itu disampaikan melalui laman resmi milik Kemendikbud bersamaan dengan hasil pengiriman aplikasi Dapodik alias data pokok pendidikan.

2. Pentingnya pengecekan data GTK
Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pengecekan terhadap aneka tunjangan serta GTK tersebut harus dilakukan. Hal ini dirasa penting karena ada tujuan penting dibalik hal tersebut. Data yang menyangkut info guru ini merupakan acuan penting dalam pemberian aneka tunjangan yang ditujukan kepada guru dan tenaga kependidikan. Secara bersamaan, hal ini juga menunjukkan pihak terkait untuk mengetahui dan membuktikan validitas data seorang guru atau tenaga kependidikan. Pada situs resmi Kemendikbud itu pula, status dari pembayaran aneka tunjangan untuk guru di tahun berjalan bisa dilihat.

3. Data Dapodik dan komponen dalam tunjangan
Saat ini, kemungkinan besar pendataan yang dilakukan melalui aplikasi dapodik telah diproses. Dalam pendataan tersebut, ada berbagai hal yang dimasukkan ke aplikasi dapodik tahun berjalan. Apa sajakah itu? Beberapa diantaranya adalah PTK bertugas dan komponennya, pembagian tugas, siswa aktif, grup atau rombongan kelas, dan sebagainya. Meskipun aplikasi dapodik di tahun ini mempunyai beberapa perbedaan dari sefi validitas, namun hal itu tidak banyak mempengaruhi munculnya hambatan dalam pendataan. Selanjutnya, dari data yang dikirimkan ke aplikasi dapodik akan dijadikan acuan untuk menentukan nominasi mereka yang menjadi penerima aneka tunjangan. Umumnya, aneka tunjangan itu sendiri meliputi tunjangan khusus dan tunjangan insentif. Terkait tunjangan insentif,  tunjangan tersebut diberikan sebagai ganti dari tunjangan kualifikasi akademik serta tunjangan fungsional. Untuk waktu pengambilan nominasi, hal itu menyesuaikan peraturan pemerintah. Pada 2017 kemarin, data untuk nominasi adalah tanggal 18 Maret.

4. Hal-hal yang harus diperhatikan
Selain info guru terkait hal-hal di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang juga penting untuk diketahui. Salah satunya adalah proses pengisian data dalam aplikasi dapodik. Terkait proses tersebut, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Hal yang pertama adalah terkait informasi identitas diri dari guru atau PTK. Kedua, perhatikan riwayat kepangkatan dari PTK tersebut. Mengapa? Hal ini mungkin akan mempengaruhi gaji pokok yang nantinya dibayarkan ketika guru tersebut mempunyai sertifikat pendidik.

Selain dua hal penting di atas, masih ada dua hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melakukan pengisian data dapodik. Kedua hal lainnya yang dimaksud dalam info guru kali ini adalah sebagai berikut. Pertama, periksa TMT yang berkaitan seperti TMT Tugas, TMT pengangkatan, dan sebagainya. Terakhir, pembagian tugas dan penempatan dari PTK maupun siswa dalam rombel alias rombongan belajar.

5. Panduan pengecekan lembar info yang berisi data GTK
Dalam pon yang kelima ini, ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk mengecek lembar info yang berisi data GTK. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Mengunjungi laman atau situs resmi untuk mengetahui info GTK melalui satu dari beberapa link yang tersedia. Contoh link yang dimaksud misalnya http://223.27.144.195:8085. Apabila ingin menggunakan link alternatifnya, Anda cukup mengganti empat digit angka terakhir dengan 8081, 8082, 8083, atau 8084.
  • Mengisi User ID dengan NRG untuk guru yang sudah sertifikasi atau NUPTK bagi guru yang belum sertifikasi. Untuk mereka yang belum memiliki NUPTK, silakan gunakan NIK sebagai User ID.
  • Mengisi password dengan tanggal lahir berformat tahun-bulan-tanggal. Jadi, ketika seseorang lahir 1 Juni 1968, pengisian password menjadi 19680601.
  • Memilih periode semester serta memasukkan chaptcha untuk login.

Lembar yang diisi dalam memasukkan data di aplikasi umumnya disesuaikan dengan perubahan versi dapodik. Ketika ditemukan perbedaan atau perubahan, penyesuaian data tersebut dilakukan sesuai dengan sekolah masing-masing. Untuk info guru terkait pembayaran TPG atau Tunjangan Profesi Guru, umumnya dasarnya berasal dari data dapodik dan pembayarannya berdasarkan SK atau surat keputusan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Guru Terkait Data GTK dan Tunjangannya"

Post a Comment