Cara Pelaporan Dana Bos Kemdikbud Secara Online

Cara Pelaporan Dana Bos Kemdikbud Secara Online

Perkembangan dunia pendidikan menjadi salah satu sektor penting yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mulai dari SD, SMP, SMA ataupun SMK. Pemerintah memberikan dana bantuan dalam bentuk BOS Kemdikbud. Agar pemberian dana BOS tepat sasaran, pemerintah menyediakan sarana untuk melaporkan penggunaan dana BOS pada masing-masing sekolah di setiap triwulannya.

BOS Kemdikbud merupakan salah satu program pemerintah yang menyediakan dana non personalia dalam rangka mensukseskan wajib belajar  9 tahun. Pengelolaan dana ini menjadi tanggung jawab dari masing-masing sekolah. Dalam hal ini sekolah wajib melaporkan penggunaan dana BOS di setiap triwulannya. Pelaporan ini bisa dilakukan secara online melalui portal resmi Kemdikbud. Input data dana BOS bisa dilakukan oleh bendahara sekolah setelah mendapat persetujuan dari kepala sekolah tersebut.

Cara Lapor BOS 2018 Secara Online

Sebelum melakukan pelaporan dana bos secara online, terlebih dahulu harus disiapkan rekapitulasi penggunaan dana BOS Kemdikbud setiap triwulannya yang sudah mendapatkan persetujuan dari kepala sekolah dan bendahara dana BOS dari masing-masing jenjang pendidikan. Tujuan pelaporan ini tentu saja untuk menghindari penyalahgunaan dana BOS serta agar pemakaiannya bisa tepat sasaran. Adapun Tahapan pelaporan dana BOS secara online adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke portal BOS Kemdikbud yang resmi lalu klik log in
Pada halaman utama web Anda akan langsung diarahkan untuk log in agar bisa masuk ke sistem Kemdikbud. Masukkan username dan password dengan benar. Jika username dan password sudah benar maka Anda langsung bisa masuk ke halaman pelaporan dana BOS secara online. Masing-masing sekolah baik SD, SMP, SMA, ataupun SMK sudah memiliki username dan password yang hanya diketahui oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

2. Isi data form laporan dana BOS dengan lengkap dan valid
Data harus diisi dengan lengkap dan valid. Adapun data yang harus diisi meliputi tahun anggaran, pilihan triwulan, jumlah dana perkomponen, dan lain-lain. Setelah data diisi dengan lengkap selanjutnya klik tombol proses. Secara otomatis data akan tersimpan oleh sistem. Data inilah yang dijadikan patokan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS di sekolah.

3. Periksa kembali data pada menu report
Data yang sudah masuk bisa dilihat kembali di menu laporan. Jika terdapat data yang tidak sesuai atau mengalami perubahan, data tersebut bisa diedit dan diganti dengan data yang paling up to date. Data yang diisikan harus sesuai dengan penggunaan dana BOS yang sebenarnya.

Ada kalanya portal resmi Kemdikbud sangat sulit diakses sehingga untuk log in butuh loading yang cukup lama. Kadang kala jika sudah berhasil log in sistem akan error dan kembali log out. Jika ini terjadi lakukan refresh pada browser lalu ulangi log in lagi dari awal dengan memasukkan username dan password dengan benar.

Pemberian dana BOS Kemdikbud untuk sekolah memberi banyak kemudahan dalam hal pembiayaan dana operasional yang berkaitan dengan kegiatan sekolah. Selain itu dana BOS juga bisa digunakan untuk  pembelian buku teks yang digunakan untuk penunjang kegiatan belajar mengajar. Biaya kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru juga bisa diambil dari dana ini. Karena itulah sekarang ini calon siswa baru tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendaftar sekolah karena dana sudah ditanggung oleh pemerintah melalui dana BOS.

Untuk perawatan fisik sekolah yang meliputi biaya perawatan, perbaikan, dan lain-lain juga bisa menggunakan dana BOS. Seperti yang telah kita ketahui, banyak sekolah di beberapa daerah terpencil sangat kekurangan fasilitas belajar dan kondisi sekolah sangat tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar. Karena itulah pemerintah mengadakan program ini agar sekolah yang beberapa fasilitasnya sudah rusak bisa segera diperbaiki agar kegiatan belajar mengajar kembali lancar.

Bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, pihak sekolah bisa membantu memberikan bantuan dengan menggunakan dana BOS. Bentuk bantuan yang bisa diberikan meliputi biaya transport, dana untuk membeli seragam, sepatu, buku, dan peralatan sekolah lainnya. Dan jika perlu dana BOS juga bisa digunakan untuk membeli moda transportasi sederhana yang bisa dijadikan inventaris sekolah.

Gaji guru honorer pun bisa diambil dari dana BOS sehingga kesejahteraan guru lebih terjamin. Guru yang masih berstatus honorer saat ini bisa mendapatkan gaji yang layak sesuai dengan jam mengajar tiap bulannya. Pihak sekolah tidak perlu mengeluarkan dana pribadi untuk menggaji guru karena pemerintah sudah memperhitungkan gaji guru honorer dengan mengadakan program dana BOS.

Dengan adanya program dana BOS Kemdikbud, banyak kemudahan yang dirasakan oleh pihak sekolah terutama berkaitan dengan dana untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu sekolah. Dengan adanya dana ini, sekolah bisa melengkapi fasilitas belajar mengajar yang mereka butuhkan sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang nyaman dan berkualitas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pelaporan Dana Bos Kemdikbud Secara Online"

Post a Comment