Profil PNS BKN, Cara Cek NIP dan Pangkat di Website BKN

Profil PNS BKN, Cara Cek NIP dan Pangkat di Website BKN

Bagi seorang pegawai negeri tentunya kesesuaian dan kebenaran dari profil PNS BKN sangatlah penting. Nomor induk pegawai atau yang lebih sering dikenal sebagai NIP memang memiliki peran yang penting bagi seorang pegawai negeri sipil atau yang sering disebut sebagai PNS. Oleh karena itu, kesesuaian data yang digunakan dalam NIP seorang PNS haruslah sudah sesuai dengan yang ada di akta. Itulah mengapa pada saat pendaftaran, fotocopy dari akta harus dilampirkan atau paling tidak ijazah terakhir dari pegawai yang bersangkutan. Apabila data yang tertera dalam nomor induk salah maka sudah tentu akan berpengaruh pada sah atau tidaknya nomor induk yang sudah menjadi identitas dari pegawai yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Mengecek Keabsahan Data Pada Profil PNS BKN?

Meski pada saat pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau yang kini lebih dikenal sebagai Aparatur Sipil Negara atau disingkat APN, baik akta maupun ijazah terakhir namun bukan tidak mungkin jika terdapat sedikit kekeliruan. Hal ini tentu dikarenakan oleh banyak faktor, baik itu karena faktor teknis maupun dari faktor sumber daya manusianya. Sebagai seorang calon pegawai apabila nantinya sudah resmi diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengecek kevalidan data profil PNS BKN yang diberikan. Selain dapat langsung dikoreksi dan dapat ditangani secara cepat, Anda juga tidak akan kesulitan saat memerlukan data NIP yang benar.

Sebenarnya cara untuk mengecek keabsahan data yang terdapat dalam profil PNS BKN cukup mudah. Namun, karena masih kurangnya informasi mengenai cara pengecekan tersebut membuat banyak aparatur negara khususnya yang berada di daerah terpencil kebingungan. Cara pengecekan semua data pada profil pegawai yang tertera di Badan Kepegawaian Negara sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Sayangnya, untuk bisa melakukan pengecekan profil di perlukan jaringan internet aktif dimana tidak semua daerah memiliki jaringan internet. Tidak hanya itu, para pegawai yang sudah lanjut usia bahkan tidak paham mengenai bagaimana cara kerja dari aplikasi yang diberikan.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan pengecekan terhadap profil PNS BKN:

  1. Pastikan jaringan internet Anda aktif, Anda bisa menggunakan browser melalui PC atau personal computer atau komputer. Namun, Anda juga bisa menggunakan hand phone pribadi Anda selama semua media yang digunakan tersambung ke internet.
  2. Setelah Anda membuka browser, masukkan https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ pada pencarian di jendela browser. Jika versi web tidak berfungsi Anda dapat menginstall aplikasi resmi dari BKN My SAPK di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nudi.bkn.sapk
  3. Saat Anda sudah masuk dalam halaman website BKN, maka akan muncul tulisan “monRI Badan Kepegawaian” atau “e-monitoring Mandiri Badan Kepegawaian”, Anda bisa memasukkan NIP yang dimiliki di kolom pencarian kemudian klik cari.

Setelah data pegawai sudah keluar, silakan Anda cek secara teliti masing-masing poin yang diberikan khususnya pada bagian menu “Data Utama” seperti dari nama, tempat tanggal lahir, pangkat dan golongan. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek NIP lama yang digunakan serta kesesuaian NIP baru dengan data Anda khususnya dengan tahun dan tanggal lahir serta kapan TMT CPNS. Keduanya, baik itu tahun, tanggal lahir dan kapan Anda diangkat menjadi pegawai merupakan bagian dari NIP atau nomor induk pegawai.

Di halaman website tersebut, Anda tidak hanya bisa mengecek keabsahan data yang diperlukan dalam profil yang ada di “Data Utama”, Anda juga bisa mengecek “Proses KP” dan juga “Proses Pensiun”. Dengan adanya banyaknya informasi yang bisa diperoleh tentunya akan sangat penting bagi setiap aparatur sipil negara dimana pun dia berada. Oleh karena itu, akan sangat baik jika semua pegawai mengetahui bagaimana cara mengecek data pegawai atau profil PNS yang bersangkutan di website resmi yang sudah disediakan.

Hal lain yang juga tidak boleh diabaikan adalah apabila terdapat kesalahan pada “Data Utama” dari profil PNS BKN, maka Anda bisa langsung memperbaiki kesalahan tersebut. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi Biro Kepegawaian atau BKD di instansi dimana pegawai tersebut bernaung. Jangan lupa untuk membawa semua data yang otentik karena akan sangat diperlukan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Profil PNS BKN, Cara Cek NIP dan Pangkat di Website BKN"

  1. siang admin, bagaimana untuk melihat SKnya?

    ReplyDelete
  2. kenapa sk naik pangkat saya periode oktober 2018 belum ada sementra teman sya sudah mohon pencerahannya

    ReplyDelete