Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P4TK IPA Terbaru 2017

Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P4TK IPA Terbaru 2017

P4TK adalah salah satu unit pelaksana teknis (UPT) yang ada dibawah garis koordinasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tugas utama dari unit ini adalah sebagai pelaksana tugas utama sejumlah program yang berhubungan dengan pengembangan dan pemberdayaan tenaga guru atau pendidik di setiap tahunnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional.

Nah, salah satu program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini adalah diklat penulisan buku P4TK IPA yang akan diselenggarakan di Kota Bandung.

Diklat Penulisan Buku P4TK IPA

a. Definisi Program

Acara ini dibuat sebagai wujud nyata peningkatan kemampuan para tenaga pendidik, dalam bidang kepenulisan (writting literacy) untuk mendukung program Gerakan Nasional Literacy dari pemerintah. Gerakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk pemberantasan buta huruf, yang dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik dengan cara yang efektif dan efisien.

Jika kita kaitkan dengan diklat penulisan ini, bisa dibilang sebagai salah satu terobosan untuk pengoptimalan peran dan fungsi dari tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya pembekalan keterampilan menulis, tentu membuat kinerja guru lebih produktif. Sebab bisa aktif membuat karya tulis atau modul materi yang bisa digunakan untuk bahan ajarnya.

Bentuk kegiatan yang akan dilakukan berupa pendidikan dan pelatihan penulisan buku P4TK IPA secara lengkap. Dimulai dari pemberian materi dasar, penyusunan konten materi sampai kiat-kiat menulis yang benar, sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku.

b. Waktu Pelaksanaan

Dari informasi terbaru, program ini akan dilaksanakan dalam 2 gelombang yang berbeda, bertempat di kantor P4TK IPA yang beralamat di Jl. Diponegoro Nomor 12, Kota Bandung. Berikut ini informasi waktu pelaksanaan dari tiap-tiap gelombang:
  • Gelombang pertama, dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2017
  • Gelombang kedua, dilaksanakan di bulan Oktober 2017
Untuk pemilihan gelombang tentu disesuaikan dengan pilihan pesertanya. Namun, sebaiknya Anda sesegera mungkin melakukan pendaftaran di gelombang-gelombang awal. Sebab proses seleksi yang dilakukan cukup ketat, ditambah lagi adanya pembatasan kuota peserta.

c. Peserta

Target peserta adalah seluruh tenaga pendidik pada semua tingkatan, yaitu:
  • Guru SD Umum
  • Guru IPA SMP
  • Guru Fisika, Biologi, Kimia SMA sederajat
d. Persyaratan Peserta

Untuk menjadi peserta diklat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya:
  • Mempunyai naskah karya tulis otentik, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya
  • Adapun kriteria naskah yang dibuat adalah sebagai berikut:
    1. Tema umum: IPA/Sains ( Fisika, Biologi, Kimia) atau teknologi
    2. Konsep isi karya tulis berupa pembelajaran ataupun pendidikan
    3. Ditulis dengan format tulisan, sebagai berikut:
      • Kertas berukuran A4
      • Spasi 1,5
      • Jumlah minimal 80 halaman, maksimal 200 halaman
    4. Pengiriman Naskah
    5. Naskah tersebut kemudian dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat e-mail: program.p4tkipa@gmail.com. Waktu pengiriman naskah tergantung dari gelombang yang akan diikuti:
      • Gelombang I :dikirimkan paling lambat tanggal 15 Agustus 2017
      • Gelombang II: pengiriman paling akhir tanggal 15 September 2017
Naskah yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses. Untuk informasi lebih lanjut bisa menanyakan ke alamat email ini program.p4tkipa@gmail.com. Sebaiknya sebelum Anda mengirim naskah, dicek terlebih dahulu. Agar tidak terjadi kesalahan sekecil apapun.

e. Manfaat yang Didapatkan:

Dengan mengikuti program diklat ini, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:
  • Mendapatkan bekal tentang tata cara menulis yang baik
  • Berkesempatan untuk memiliki buku modul hasil karya tulis sendiri
  • Mendapatkan materi-materi dasar menulis
  • Jika buku hasil tulisan Anda bagus, ada peluang untuk diterbitkan secara masal
  • Mendapatkan pengalaman baru
  • Mendapatkan kontak relasi penerbitan buku
Nah, itulah informasi mengenai diklat penulisan buku P4TK IPA terbaru 2017. Program ini tentu sangat berguna buat Anda para pendidik. Sebab ini bisa Anda jadikan wadah pembelajaran dan pelatihan intensif untuk lebih mengoptimalkan ilmu Anda dalam bidang kepenulisan. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan diklat ini. Selain itu, jangan lupa share informasi ini kepada teman atau kerabat Anda yang berprofesi sebagai tenaga pendidik. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P4TK IPA Terbaru 2017"

Post a Comment